-->

Tuesday 24 April 2018

Asal-usul Kenepan Kudus


ASAL-USUL KENEPAN KUDUS

Desa Kenepan atau kampung Kenepan terletak di sebelah utara Menara Kudus. Nama Kenepan berasal dari kata penginepan dalam bahasa Jawa atau penginapan dalam bahasa Indonesia. Kampung Kenepan muncul bersamaan dengan perkembangan Kudus yang menjadi salah satu pusat ziarah bagi umat Islam di pulau Jawa.

Ada kemungkinan kampung Kenepan itu berdiri tidka lama setelah berdirinya Menara Kudus. Bentuk Menara Kudus yang megah menjulang tinggi dan mirip dengan bentuk candi Hindu, serta pengaruh nama besar Sunan Kudus, membuat masyarakat pada jaman itu tertarik dan  berbondong-bondong menuju Kudus. Ada yang hanya sekedar melancong ingin melihat kemegahan Menara Kudus, dan ada juga yang memang ingin bertemu Sunan Kudus untuk menimba ilmu secara langsung dari beliau.

Rombongan-rombongan yang datang dari berbagai daerah yang jauh ini pada akhirnya menimbulkan masalah akomodasi, yaitu tempat bermalam. Apalagi dengan mengingat sarana transportasi pada masa itu yang masih menggunakan kuda bahkan ada yang berjalan kaki, maka menginap adalah suatu keharusan. Sehingga diambil inisiatif untuk membangun penginapan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Menara Kudus tepatnya di sebelah utara masjid Menara Kudus.

Meski saya belum mendapat rujukan yang cukup, namun suasana wilayah Kenepan, termasuk juga Kauman dan Damaran pada masa pertengahan abad ke 16 tersebut pastilah ramai di waktu malam. Banyak warung makan yang buka menyediakan berbagai menu bagi para pengunjung. Para pelancong dan peziarah hilir mudik menikmati suasana malam. Sedangkan para santri dari Kauman berbondong-bondong menuju masjid untuk mengaji dan memperdalam ilmu agama.

Keramaian ini tentu akan makin bertambah ketika mendekati bulan suci Ramadhan saat pelaksanaan tradisi Dandangan. Jalan-jalan di sekitar Menara Kudus yang tidak terlalu lebar karena dirancang hanya untuk pejalan kaki dan kereta kuda, terlihat terang benderang karena cahaya obor yang dinyalakan dari getah damar yang dipasok dari Damaran. Pedagang-pedagang dari luar kota menggelar barang jualannya mencari untung sambil menunggu pengumuman awal dimulainya puasa Ramadhan.

Kenepan saat ini adalah pemukiman penduduk biasa di dekat Menara Kudus. Tidak ada satu tanda pun yang menunjukkan bahwa tempat itu tadinya adalah pusat penginapan tempat bermalam peziarah dan pelancong ke Kudus pada zaman kuno. Kenepan masa kini hanyalah sebuah area kacil di kawasan Kauman tidak jauh dari Menara Kudus. Meskipun sudah berubah, namun aroma kuno dari sebuah jantung kota tua masih terasa.

Meski kejayaan Kenepan sebagai tempat penginapan bagi peziarah telah sirna, namun tidak dengan daya tarik Menara Kudus. Menara Kudus hingga saat ini masih menjadi magnet bagi umat Islam khususnya di pulau jawa untuk datang berkunjung sekalidus berziarah ke makam Sunan Kudus.

Jika anda seorang backpacker atau ingin berwisata ke Kudus, Anda bisa mencari penginapan murah di dekat pintu masuk Terminal Wisata Bakalan Krapyak.

No comments:

Post a Comment

TERBARU

Kudus Murah Karena Pelit?

KUDUS ADALAH KOTA TERMURAH DI INDONESIA KARENA ORANG KUDUS PELIT? Bisa dikatakan Kudus adalah kota dengan biaya hidup termurah dan paling ...