-->

Thursday 12 April 2018

Pangeran Hadirin suami Ratu Kalinyamat

Asal-usul Pangeran Hadirin suami Ratu Kalinyamat dan jatidiri beliau yang sebenarnya sampai saat ini masih samar. Sehingga apa, siapa dan dari mana Pangeran Hadirin berasal masih perlu penelitian lebih lanjut. Berikut ini adalah penjelasan mengenai siapa Pangeran Hadirin serta dari mana Pangeran Hadirin berasal berdasarkan pandangan pribadi penulis.

Nama Hadirin yang melekat pada nama Pangeran Hadirin memiliki arti orang yang datang atau pendatang. Dengan demikian, bisa dikatakan 90% Pangeran Hadirin bukan orang Jawa. Pangeran Hadirin datang dari suatu negeri di seberang lautan.

Ada dua versi mengenai asal-usul dan jatidiri Pangeran Hadirin berasal.


Yang pertama, Pangeran Hadirin berasal dari Pasai (Aceh) sebagaimana halnya dengan Fatahillah sang penakluk Sunda Kelapa. Kegagalan serangan Demak yang dipimpin Pati Unus untuk merebut Malaka dari Portugis, menyebabkan kerajaan di sekitar Selat Malaka termasuk Pasai mengalami kemunduran akibat tekanan Portugis. Hal ini membuat beberapa bangsawan dan pejabat Pasai berinisiatif pergi ke Demak termasuk Pangeran Hadirin untuk melanjutkan perlawanan terhadap Portugis.

Versi ke dua, Pangeran Hadirin berasal dari Cina yang kemudian memeluk Islam dan menjadi murid Sunan Kudus. Oleh Sunan Kudus diperintahkan menempati wilayah dekat sungai yang diberi nama Kalinyamat. Murid Sunan Kudus ini kemudian diberi modal untuk membangun galangan kapal. Karena keahliannya kemudian dipercaya membuat kapal untuk kesultanan Demak.

Demak menentang Portugis


Demak pada abad ke 16 adalah negara Islam yang kuat dan berusaha mencegah masuknya bangsa barat terutama Portugis ke Nusantara. Kunci utama agar tujuan tersebut berhasil adalah angkatan laut yang besar dan tangguh. Untuk itu Kesultanan Demak memerlukan kapal yang jumlahnya memadai serta pangkalan laut yang baik sehingga mampu mempertahankan laut Jawa.

Demak adalah bekas daerah yang berawa-rawa sehingga tidak memiliki hutan lebat sebagai sumber kayu untuk bahan kapal. Tempat yang memiliki sumber kayu jati serta lokasinya tidak jauh dari pantai sehingga memudahkan pembangunan kapal adalah Jepara. Jarak Demak-Jepara juga tidak terlalu jauh, sehingga memudahkan pengawasan. Dengan demikian Jepara adalah suatu wilayah yang sangat strategis bagi Demak. Pertama sebagai sumber kayu jati bahan pembuat kapal. Ke dua sebagai pusat galangan kapal. Dan ke tiga, sebagai pangkalan angkatan laut.

Sebagaimana layaknya sistem pemerintahan feodal masa itu. Tanah atau wilayah yang paling strategis hanya akan diserahkan kepada orang dekat Sultan. Hal ini dilakukan untuk menjamin kesetiaan daerah terhadap kekuasaan pusat serta tentu saja kerahasiaan operasi militer.

Dalam hal ini, Sultan Trenggono, sebagai Sultan Demak III, memilih putri kesayangannya sebagai penguasa Jepara dan diberi gelar Ratu Kalinyamat. Untuk memperkuat posisi Ratu Kalinyamat, tentu diperlukan sosok lelaki tangguh yang mampu mengemban visi dan misi Demak membangun angkatan laut yang besar dan kuat. Sehingga dipilih Pangeran Hadirin untuk mendampingi Ratu Kalinyamat.

Asal-usul Pangeran Hadirin

Penulis memilih versi pertama yang menyatakan Pangeran Hadirin berasal dari Pasai dengan pertimbangan:
  1. Pangeran Hadirin memiliki ambisi untuk mengalahkan Portugis yang telah menghancurkan tanah kelahirannya di Pasai sehingga sesuai dan sejalan dengan kepentingan Demak yang sedang berusaha membendung pengaruh Portugis.
  2. Dengan menjadikan Pangeran Hadirin sebagai suami Ratu Kalinyamat maka Demak memiliki sekutu politik yang memahami situasi serta kondisi di sekitar selat Malaka dan Sumatera bagian timur.
  3. Samudera Pasai adalah negara maritim yang hidup dari perdagangan sehingga pengalaman Pangeran Hadirin tentu berharga untuk membuat Jepara berkembang menjadi kota pelabuhan yang besar.

Versi ke dua walaupun juga masuk akal namun agak sulit diterima. Sebab, nantinya setelah Sultan Trenggono wafat, terjadi kemelut perebutan tahta Demak. Dan pada suatu peristiwa, Arya Penangsang yang juga murid Sunan Kudus, mencegat Pangeran Hadirin dan Ratu Kalinyamat dalam perjalanan pulang setelah menghadap Sunan Kudus. Dalam pertempuran di sebelah barat Kudus tersebut Pangeran Hadirin gugur. Jika kita mengambil versi ke dua sebagai asal-usul Pangeran Hadirin, maka ada sesuatu yang tidak pas, yaitu sesama murid saling bertempur dan saling bunuh. Dan tentunya tidak mungkin seorang Sunan akan membiarkan peristiwa itu terjadi di antara murid-muridnya.

Makam Mantingan tempat Pangeran Hadirin dimakamkan


Kesimpulan tentang dari mana Pangeran Hadirin suami Ratu Kalinyamat berasal


Pangeran Hadirin berasal dari Samudera Pasai (Aceh) yang pergi ke Demak karena ingin mencari pertolongan dan sekutu untuk mengalahkan Portugis. Pangeran Hadirin kemudian dinikahkan dengan putri Sultan Trenggono yang bergelar Ratu Kalinyamat. Mereka berdua diberi tugas memimpin dan mengembangkan Jepara, membuat kapal-kapal perang dan membangun angkatan laut untuk mencegah pengaruh Portugis.

No comments:

Post a Comment

TERBARU

Kudus Murah Karena Pelit?

KUDUS ADALAH KOTA TERMURAH DI INDONESIA KARENA ORANG KUDUS PELIT? Bisa dikatakan Kudus adalah kota dengan biaya hidup termurah dan paling ...