-->

Wednesday 1 November 2017

Kudus Kota Dengan Biaya Hidup Paling Rendah di Indonesia

INGIN CEPAT KAYA? Ayo kerja, hidup dan tinggal di Kudus sebab biaya hidup di kota Kudus rendah. Hal ini berdasarkan hasil Survei Biaya Hidup yang dilakukan Badan Pusat Statistik pada tahun 2016 yang menempatkan kota Kudus sebagai kota dengan biaya hidup terendah ke dua setelah Banyuwangi. 

KUDUS KOTA DENGAN BIAYA HIDUP TERMURAH DI INDONESIA


Saya pribadi sebagai pendatang baru di kota Kudus sependapat dengan hasil survei tersebut.

Saya dan keluarga menetap di Kudus sejak bulan Juni 2016 setelah sebelumnya boyongan dari Depok, Jawa Barat. Sebagai pendatang, saya sering takjub dengan harga makanan di Kudus yang menurut saya super murah.

Sebagai contoh, pada hari pertama kami di Kudus, kami sarapan dengan menu nasi pecel di warung dekat rumah. Saya dan istri makan nasi pecel dua porsi, gorengan enam potong, dan teh manis hangat dua gelas, ditambah kerupuk. Selesai makan, saya sudah mempersiapkan selembar lima puluh ribuan untuk membayar makanan. Karena di warung solo langganan kami di dekat kampus Gunadharma Kelapa Dua Depok, paling tidak harga nasi pecel Rp 9.000,00 per porsi, belum minum dan gorengan.

Tapiiii setelah di hitung ibu pemilik warung, untuk semua yang sudah kami santap, kami hanya perlu membayar Rp 13.000,00 saudara-saudara...

Sebagai perbandingan yang lain adalah harga ikan dan sayur mayur di pasar. Tempat belanja favorit istri saya adalah pasar Jember dan pasar tiban di depan pabrik rokok Djarum di Gribig. Di kedua tempat itu,  tempe yang panjangnya sekitar 30cm, harganya tiga ribu rupiah, kangkung ikatan besar, cukup ditebus seribu lima ratus rupiah. Selain itu hanya dengan selembar sepuluh ribuan, kita bisa mendapatkan empat potong ikan segar. Sudah harganya murah, kadang para pedagang masih bermurah hati memberi bonus beberapa butir tomat, timun, atau tambahan ikan. 

Pasar Jember Kudus

Kalau ditanya alasannya, biasanya para pedagang itu menjawab dari pada tidak laku terus busuk, lebih baik dibagikan sebagai bonus untuk pembeli. Lebih bermanfaat, bikin pelanggan balik lagi, plus menambah berkah buat usahanya.

Baca juga: Harga di Kudus murah karena Orang Kudus pelit

Seingat saya, ketika di Depok, istri selalu cerita kalau harga bayam seikat kecil dua ribu rupiah dan isi tiap ikatnya juga sedikit. Sehingga agar bisa menyajikan sayur yang layak, setidaknya harus beli 5 ikat. Mau tidak mau pengeluaran harian di Depok memang besar.

Jadi, kalau mau hitung-hitungan perbandingan biaya hidup. Berdasarkan pengalaman kami, waktu masih tinggal di Depok, untuk makan tiga kali sehari bagi kami sekeluarga yang terdiri tiga orang (saya, istri dan putri kecil kami) paling tidak dibutuhkan Rp 100.000,00/hari atau sekitar tiga juta rupiah sebulan. Sedangkan selama di Kudus, pengeluaran belanja untuk makan per hari hanya Rp 30.000,00 sampai Rp 50.000,00 atau sembilan ratus ribu sampai satu setengah juta per bulan. Jauh sekali kan perbedaannya?

Memang tidak semuanya murah. Tentu saja untuk harga elektronik, pakaian, dan jenis makanan cepat saji harganya tidak beda jauh dengan di Jakarta. Semua tergantung pada gaya hidup dan lokasi di mana barang itu dibeli. Kalau kita beli nasi pecel di food court dalam mall atau resto, pasti harganya mahal juga kan?

Tapi bagaimanapun juga, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, kota Kudus tetaplah kota yang ramah buat kantong dan dompet.

So, bagi pembaca sekalian yang sudah merasa berat dengan beban biaya hidup di wilayah Jabodetabek dan mulai sumpek dengan suasana ibu kota yang sering macet, tidak ada salahnya mulai melirik daerah terutama kota Kudus sebagai alternatif tempat tinggal. Mumpung biaya hidup di kota Kudus masih murah.

Baca juga:
Tradisi Balen Saat Bayi Lahir

1 comment:

  1. BUTUH LES PRIVAT DAN BIMBEL
    DI KUDUS?

    Kami tempat les dan Bimbingan Belajar terbaik dan satu-satunya di Kudus yang menyediakan les kualitas privat dengan harga bimbel

    Kami memiliki 3 tipe kelas dengan sistem privat

    LES PRIVAT
    1 guru mengajar 1 anak

    LES SEMI PRIVAT
    1 guru mengangani 3 siswa
    Belajar makin fokus dan terkendali

    LES GROUP KELOMPOK BELAJAR
    1 orang guru mengajar 4 sampai 5 siswa
    yang berasal dari sekolah yang sama
    Belajar jadi lebih seru bersama teman satu sekolah

    BUTUH LES PRIVAT DAN BIMBEL
    DI KUDUS?

    Kami menerima les privat dan bimbel untuk tingkat

    SEKOLAH DASAR
    Matematika IPA IPS PPKn BHS INDONESIA English

    SMP
    Hampir semua mata pelajaran
    Diutamakan persiapan Ujian Nasional
    MATEMATIKA FISIKA BIOLOGI English

    Bimbingan Belajar INTENSIF

    Kami tempat les dan Bimbingan Belajar terbaik dan satu-satunya di Kudus yang menyediakan les kualitas privat dengan harga bimbel

    LOKASI

    Bimbingan Belajar INTENSIF
    Jl. Arif Rahman Hakim
    Gang IV, no 72
    Prambatan Lor
    Kecamatan Kaliwungu
    Kabupaten Kudus
    0818869182

    ReplyDelete

TERBARU

Kudus Murah Karena Pelit?

KUDUS ADALAH KOTA TERMURAH DI INDONESIA KARENA ORANG KUDUS PELIT? Bisa dikatakan Kudus adalah kota dengan biaya hidup termurah dan paling ...