-->

Sunday 25 March 2018

Bimbingan Belajar INTENSIF Bimbel terbaik di Kudus

Bimbingan Belajar INTENSIF
Tempat les dan Bimbingan Belajar terbaik dan pertama di Kudus yang memberi layanan kualitas  privat dengan harga bimbel

Kalimat di atas adalah jargon yang terpasang di blog Bimbel INTENSIF Prambatan Kudus. Anda juga bisa membacanya di sini.

Pada hari Ahad, 25 Maret 2018, saya menyempatkan diri menyambangi lokasi Bimbel INTENSIF yang terletak di Jl. Arif Rahman Hakim, Gang IV, No. 72, Desa Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu.

Tempatnya sangat mudah diakses. Jika Anda datang dari arah Menara atau alun-alun Simpang Tujuh, jalan lurus saja sepanjang Jl. Raya Kudus-Jepara. Setelah melewati SPBU Modern Prambatan, akan ada lampu traffic light alias bangjo, dari situ tinggal belok kanan menuju arah Gribig-Sudimoro dan cari gang IV di sisi kiri jalan. Nah, Bimbel INTENSIF terletak tidak jauh dari mulut gang.

Logo Bimbel INTENSIF Prambatan Kudus
Disambut ramah oleh ibu Murni Wijayanti, S.T, pengelola Bimbel INTENSIF di ruang tamu yang terkesan adem karena naungan pohon mangga di halaman, saya mendapat banyak informasi tentang Bimbel yang satu ini.

Wanita yang akrab dipanggil mbak Wiwin oleh para tetangga dan murid-muridnya ini kemudian menuturkan bahwa Bimbel INTENSIF Prambatan Kudus dibuka sejak awal tahun ajaran 2016/2017. 

Awalnya hanya ada satu siswa yang mendaftar, dari MTs Negeri 1 Kudus serta anak tetangga sekitar. Kemudian melalui promosi serta info dari mulut ke mulut, lambat laun siswanya bertambah. Saat ini selain dari MTs Negeri 1 Kudus, siswa Bimbel INTENSIF juga berasal dari SMP 1 Kudus, SMP 2 Kudus, SMP 1 dan SMP 2 Kaliwungu serta beberapa SD sekitar seperti SD Prambatan Lor, SD Purwosari, SD Muhammadiyah Gribig, dan MI Nurul Haq.

Mayoritas peserta les di sini memang siswa SMP. Terbagi dua program, yaitu Les Privat dan Kelompok Belajar. Setiap kelompok belajar, maksimal hanya terdiri dari 5 siswa dan diusahakan dalam satu kelompok berasal dari sekolah yang sama. Sedangkan untuk jenjang Sekolah Dasar, Bimbel INTENSIF saat ini hanya menerima murid kelas 6.

Mengenai suka duka mengelola bisnis Bimbel di Kudus, khususnya di wilayah Prambatan, mbak Wiwin berterus terang awalnya memang berat. Yang berat adalah merubah pola pikir masyarakat dan anak-anak tentang fungsi bimbel.

Mereka awalnya berpandangan fungsi bimbel hanya sekedar bantuan mengerjakan PR. Jika tidak ada PR, ya tidak perlu les. Cara berpikir seperti ini pada akhirnya juga berimbas pada cara pembayaran. Orang tua lebih suka membayar les dengan tarif harian, sehingga jika anaknya tidak berangkat les, mereka tidak perlu membayar. Sistem seperti ini sudah ada dan diterapkan oleh beberapa bimbingan belajar sebelum kami.

Akibatnya, ketika Bimbel INTENSIF dibuka dan menerapkan sistem belajar per materi serta pembayaran bulanan, sempat terseok-seok di awal perjalanannya. Alhamdulillah saat ini situasi mulai berubah dan berjalan lancar berkat do'a dan keuletan pengelola dalam memberikan pemahaman kepada orang tua serta siswa.

Yang paling unik, untuk menjaga kualitas, Bimbel INTENSIF Prambatan Kudus rela menerapkan kuota siswa peserta belajar setiap tahunnya paling banyak 40 orang. Lho apa tidak takut rugi? Ini jelas kebalikan dari prinsip ekonomi. Seharusnya bisnis bimbel mencari murid sebanyak-banyaknya agar untung sebesar-besarnya.

"Kami hanya ingin memberi perhatian lebih pada setiap siswa menyesuaikan dengan kemampuan tenaga pengajar kami. Kami tidak ingin menerima siswa sebanyak-banyaknya tapi akhirnya gagal. Justru saat ini banyak orang tua yang datang menanyakan masih ada sisa kuota atau tidak. Bahkan ada yang sudah booking tempat untuk tahun ajaran depan," jawab mbak Wiwin.

Setelah berpamitan dalam perjalanan menuju pulang, saya merenung dan berpendapat Bimbel INTENSIF ini memang layak menyatakan dirinya sebagai Tempat les dan Bimbingan Belajar terbaik dan pertama di Kudus yang memberi layanan kualitas  privat dengan harga bimbel. Sangat jarang ada Bimbingan Belajar yang menjaga idealisme dan integritas semacam ini.

Semoga untuk ke depan Bimbel INTENSIF Prambatan Kudus dapat terus menjaga kualitas sehingga memberi manfaat yang besar bagi masyarakat di sekitarnya.

Baca juga:
Toko Buku GRAMEDIA di Kudus

No comments:

Post a Comment

TERBARU

Kudus Murah Karena Pelit?

KUDUS ADALAH KOTA TERMURAH DI INDONESIA KARENA ORANG KUDUS PELIT? Bisa dikatakan Kudus adalah kota dengan biaya hidup termurah dan paling ...