-->

Monday 16 April 2018

Tajug Nama Kudus Jaman Dulu

TAJUG NAMA KUDUS JAMAN DULU

Kota Kudus pada masa lalu bernama Tajug karena ada banyak bangunan tajug di kota itu. Namun banyak orang yang bertanya apa itu tajug? bagaimana bentuk tajug? dan apa fungsi bangunan tajug pada masa itu? TUlisan ini adalah jawaban dan penjelasan mengenai bangunan tajug di kota Kudus tempo dulu.

Bentuk Tajug

Tajug pada dasarnya adalah atap bangunan berbentuk limas segi empat. Bentuk limas segi empat ini umum digunakan oleh nenek moyang kita, tidak hanya di kawasan nusantara, namun juga di belahan dunia lain pada jaman kuno. Bangunan yang menggunakan unsur limas segi empat ini antara lain adalah piramida makam para fir'aun di Mesir, puncak obelisk dan beberapa candi serta pura tempat ibadah agama HIndu. Sehingga secara sederhana dapat dikatakan bahwa Tajug adalah atap bangunan yang bentuknya mirip piramida.

tajug kudus tempo dulu
Bentuk atap tajug di Kudus tempo dulu. Tajug kemudian berkembang menjadi joglo 

Mengapa Tajug berbentuk limas segi empat?

Manusia jaman kuno menggunakan bangunan atau atap berbentuk limas sebagai salah satu cara untuk memuja Tuhan penguasa seluruh alam. Bagian dasar yang berbentuk segi empat mencerminkan alam dunia tempat manusia tinggal dengan segala macam nafsu dan angkara yang menyertainya, sedangkan semakin ke atas mencerminkan kehidupan manusia yang lebih baik dan suci, para dewa atau malaikat, dan terakhir sebagai puncaknya adalah diri Tuhan penguasa alam semesta yang tunggal yang mengatur semua kehidupan baik kehidupan dunia mupun akhirat.

Apa fungsi Tajug bagi masyarakat Kudus jaman dulu?

Pada saat itu fungsi Tajug adalah untuk menandai sekaligus pelindung (cungkup)  tempat-tempat yang dianggap wingit,, keramat dan suci. Tempat dimaksud bisa berupa makam, petilasan, lokasi penyimpanan benda suci ritual keagamaan dan tempat ibadah itu sendiri. Dengan banyaknya Tajug yang beridiri di wilayah Kudus tempo dulu, sehingga tempat ini dulunya dikenal dengan nama Tajug, dapat disimpulkan bahwa Kudus pada masa itu adalah tempat suci bagi umat HIndu dan merupakan pusat ibadah maupuaan pusat ziarah.

Masih adakah bangunan Tajug di Kudus saat ini?

JIka Anda mencari bangunan Tajug di Kudus, Anda daapat melihat ke arah puncak Menara Kudus karena atap Menara Kudus berbentuk tajug. DI dalam kompleks Menara Kudus, juga terdapat tempat yang dinamakan Tajug yang menjadi tempat favorit bagi anak muda di Kudus mengikuti shalat Tarawih berjama'ah di bulan suci Ramadhan. Bentuk atap tajug yang juga populer dan sering Anda lihat baik gambarnya maupun bangunannya adalah atap Masjid Agung Demak. Selain itu masjid-masjid kuno di pulau Jawa juga menggunakan bentuk tajug.


tajug pada masjid dan pura
Puncak Masjid Agung Demak (atas) dan pura HIndu (bawah) menggunakan atap berbentuk tajug
Demikian penjelasan mengenai bentuk atap tajug yang menjadi nama kota Kudus pada jaman dulu pada masa pra Islam. Ketika Ja'far shodiq tiba di tajug dan menyebarkan agama Islam di sekitar wilayah tersebut, beliau tetap menjaga identitas asli wilayah ini sebagai tempat yang disucikan dan dikeramatkan dengan menggantinya menggunakan istilah bahasa Arab Al Quds yang berarti suci.  

No comments:

Post a Comment

TERBARU

Kudus Murah Karena Pelit?

KUDUS ADALAH KOTA TERMURAH DI INDONESIA KARENA ORANG KUDUS PELIT? Bisa dikatakan Kudus adalah kota dengan biaya hidup termurah dan paling ...