-->

Wednesday 11 April 2018

Kota Kudus

KOTA KUDUS

Menara Kudus

Kudus adalah salah satu kota di Indonesia yang berasal dari bahasa Arab, Al-Quds, yang berarti Kota Suci. Didirikan oleh Ja'far Shodiq yang bergelar Sunan Kudus. Kudus kemudian berkembang menjadi kota suci yang penting bagi umat Islam di pulau Jawa sejak abad ke 16. Hingga saat ini Kudus selalu didatangi peziarah dan wisatawan dari seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri yang ingin ziarah ke makam Sunan Kudus di dalam kompleks Menara Kudus. Menara Kudus adalah landmark kota Kudus.

Dahulu bernama Tajug

Sebelum bernama Kudus atau Al-Quds, wilayah ini dulu biasa disebut dengan nama Tajug sebab banyak bangunan Tajug di sekitarnya. Tajug adalah bangunan mirip Pura yang menjadi tempat keramat dan digunakan beribadah umat Hindu pada masa itu. Saat ini di dalam kompleks Menara Kudus masih ada tempat yang bernama Tajug. Letaknya di sebelah selatan Masjid Al-Aqsha dan digunakan untuk pelaksanaan shalat Tarawih pada bulan suci Ramadhan.

Menara Kudus mirip Candi Singosari di Malang
Tak sama namun bisa dikatakan mirip

Pusat kegiatan kota Kudus di masa lalu adalah kompleks Al-Manaar atau Masjid Al-Aqsha Menara Kudus. Di tempat inilah berlangsung kegiatan ibadah sekaligus pemerintahan yang dipimpin Sunan Kudus. Menara Kudus adalah bangunan menara setinggi 18 meter dan ukuran alas 10 x 10 meter persegi dengan gaya arsitektur Hindu-Budha mirip Candi Jago di Kabupaten Malang dan dibangun menggunakan batu bata merah yang direkatkan tanpa semen seperti pada masa kerajaan Hindu Majapahit.

Gaya arsitektur Menara Kudus dengan pengaruh Hindu-Budha dilakukan untuk menarik simpati penduduk asli yang pada masa itu masih banyak menganut agama Hindu dan Budha. Menara Kudus adalah landmark kota Kudus.

Perkembangan Kudus saat ini

Kudus saat ini telah berkembang menjadi sebuah Kabupaten seluas 425,16 km persegi yang terdiri dari 9 kecamatan, 123 desa dan 9 kelurahan. Kudus saat ini dikenal sebagai pusat industri rokok kretek dan pembuatan jenang.

No comments:

Post a Comment

TERBARU

Kudus Murah Karena Pelit?

KUDUS ADALAH KOTA TERMURAH DI INDONESIA KARENA ORANG KUDUS PELIT? Bisa dikatakan Kudus adalah kota dengan biaya hidup termurah dan paling ...