-->

Thursday 2 August 2018

Makam Bupati Kudus Tempo Dulu


KRAA TJONDRONEGORO III – BUPATI KUDUS TEMPO DULU


Jika Anda memiliki minat dengan sejarah maka tempat yang satu ini layak untuk dikunjungi. Di Kabupaten Kudus, tepatnya di Jl. RM Sosrokartono terdapat kompleks pemakaman yang bernama SEDOMUKTI yang menjadi tempat peristirahatan terakhir bupati Kudus sebelum kemerdekaan, yaitu KRAA Tjondronegoro III beserta keluarga dan keturunannya.

Kompleks pemakaman seluas dua hektar ini berada di seberang Taman Makam Pahlawan Kudus dan dikelilingi tembok tinggi berwarna kelabu yang memisahkannya dengan pemukiman warga sekitar. Setelah melewati gerbang kita akan dipandu menuju gapura mirip pintu candi yang terbuat dari bata merah yang direkatkan tanpa adukan semen. Kompleks makam sangat terawat serta tampak asri dan rindang karena naungan pohon-pohon besar yang menambah kesan mistis dan kuno.

makam bupati kudus, bupati kudus tempo dulu, bupati kudus masa kolonial, bupati kudus jaman penjajahan belanda, tjonddronegoro III bupati kudus
Penulis beserta keluarga di depan gapura makam Sedomukti
Berdasarkan catatan sejarah, KRAA Tjondronegoro III adalah bupati Kabupaten Pati tahun 1810 – 1830 serta bupati Kudus tahun 1825 – 1834. Jika melihat pada masa jabatan tersebut, dapat disimpulkan beliau pernah melakukan rangkap jabatan sebagai bupati Pati sekaligus bupati Kudus.

Keluarga Tjondronegoro termasuk pionir kaum terpelajar Jawa pada masa kolonial Belanda dan terkenal sebagai keluarga yang suka mencari ilmu pengetahuan. Tercatat beberapa nama besar yang berasal dari keluarga ini, antara lain putra Tjondronegoro III yaitu Pangeran Ario Tjondronegoro IV, serta cucu dari Tjondronegoro IV yaitu RM Sosrokartono dan RA Kartini.

makam bupati kudus, bupati kudus tempo dulu, bupati kudus masa kolonial, bupati kudus jaman belanda, tjondronegoro III bupati kudus
Deretan makam di Pesarean Sedomukti
Tampak di latar belakang adalah cungkup makam para bupati dari keluarga Tjondronegoro

RM Sosrokartono dikenal sebagai manusia jenius yang setidaknya menguasai 25 bahasa sehingga pernah melalang buana di Eropa sebagai wartawan perang pada masa Perang Dunia I. Ketika wafat beliau juga dimakamkan di kompleks pemakaman SEDOMUKTI. Makamnya berada di sisi paling timur dan sering dikunjungi peziarah dari luar kota.

Sedangkan RA Kartini, adik Sosrokartono lebih kita kenal sebagai pejuang emansipasi yang mempelopori pendidikan dan persamaan derajat bagi kaum wanita.

Meskipun terkesan eksklusif dan menyendiri dari keramaian karena merupakan makam keluarga, kompleks makam SEDOMUKTI sebenarnya terbuka untuk umum. Jika Anda datang berkunjung dan kebetulan menemukan pintu gerbang terkunci, Anda dapat menghubungi bapak H. Sunarto yang sudah 27 tahun dengan setia merawat dan menjadi juru kunci makam. Rumahnya mudah ditemukan karena berada tepat di seberang gerbang makam dan hanya dipisahkan sungai kecil.



No comments:

Post a Comment

TERBARU

Kudus Murah Karena Pelit?

KUDUS ADALAH KOTA TERMURAH DI INDONESIA KARENA ORANG KUDUS PELIT? Bisa dikatakan Kudus adalah kota dengan biaya hidup termurah dan paling ...