-->

Thursday 12 April 2018

Sejarah Kudus

Sejarah kota Kudus dimulai pasca penaklukan Majapahit. Ketika Ja'far Shodiq, seorang ulama, tokoh penyebar agama Islam di pulau Jawa, sekaligus panglima perang pasukan Demak ketika menyerbu ibu kota Majapahit, memutuskan untuk pindah ke Tajug dan bergelar Sunan Kudus.

Tajug pada abad ke 16 adalah tempat yang dikeramatkan umat Hindu dan terletak di tepi pantai bagian selatan jazirah Muria. Pulau Muria tempat Tajug berdiri pada masa itu belum menyatu dengan pulau Jawa. Praktis hubungan transportasi antara pulau Muria dan pulau Jawa waktu itu harus menggunakan perahu.

Di bagian utara jazirah Muria, terletak Jepara, yang dijadikan Demak sebagai bandar perdagangan, galangan kapal dan pangkalan angkatan laut.

Dengan demikian, posisi Tajug yang terletak antara Demak dan Jepara sangat strategis. Setelah Ja'far Shodiq pindah ke Tajug, tempat tersebut diberi nama Al-Quds yang berarti suci dan Ja'far Shodiq kemudian dikenal dengan gelar Sunan Kudus.

Berikut ini adalah beberapa artikel yang kami tulis dan rangkum yang berkaitan dengan sejarah Kudus:

No comments:

Post a Comment

TERBARU

Kudus Murah Karena Pelit?

KUDUS ADALAH KOTA TERMURAH DI INDONESIA KARENA ORANG KUDUS PELIT? Bisa dikatakan Kudus adalah kota dengan biaya hidup termurah dan paling ...